Sepatu social distancing buatan seniman asal Rumania, Grigore Lup. (Foto: Fox News).
Sepatu social distancing buatan seniman asal Rumania, Grigore Lup. (Foto: Fox News).

Kebijakan new normal atau kelaziman hidup baru di tengah pandemi covid-19 bukan berarti akan mempermudah semua aktivitas masyarakat di dunia.

Itu karena semua aktivitas masih harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Mulai dari membiasakan diri untuk selalu menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) dengan selalu cuci tangan pakai sabun, wajib pakai masker saat ke luar rumah, dan selalu menjaga jarak -baik itu social distancing ataupun physical distancing.

Menjaga jarak selama berada di luar rumah menjadi salah satu cara untuk menghindarkan kita dari risiko terpapar covid-19. Hal ini dianjurkan bagi kalian yang sedang antre di keramaian dengan jarak minimal 1-2 meter ataupun ketika sedang menikmati makanan di restoran.

Baca Juga : Inspirasi Outfit APD Street Wear Ini Bakal Bikin Kamu Aman Saat Memulai New Normal Life

Namun, tak dapat dipungkiri, cara ini masih bajyak dilanggar  banyak orang.  Hal ini rupanya membuat seorang seniman sepatu asal Rumania Grigore Lup berinisiatif membuat sepatu social distancing. Tujuannya tak lain untuk mengajak semua orang agar mau menjaga jarak di mana pun mereka beraktivitas.

Dilihat dari bentuknya, sepatu ini berbahan kulit seperti khas pantovel yang biasa digunakan laki-laki. Tetapi, yang unik dari sepatu social distancing ini karena dibagian depannya memiliki panjang berukuran 75.

Dilansir dari berbagai sumber, ide pembuatan sepatu social distancing ini Lup peroleh dari pengalamannya membuatkan sepatu untuk seorang aktor sebagai kostum di salah satu film masa lalu.

Dengan sepatu tersebut, ketika ada dua orang yang mengenakan dan berhadapan satu sama lain, akan tercipta setidaknya jarak 1,5 meter di antara mereka.

"Saya melihat orang-orang berkerumun dan tidak menghormati aturan jarak sosial dan saya berkata kepada diri sendiri, mari kita membuat sepatu untuk menghukum mereka atau bahwa mereka benar-benar bisa memakai (mereka) dan mungkin itu cara mereka akan menjaga jarak," ungkap  Lup.

Ia sendiri merupakan seniman sepatu yang telah mengerjakan beragam model sepatu kulit selama kurang lebih 39 tahun. Sebagian besar buatannya khusus untuk tokoh-tokoh teater dan gedung opera.

Kini dengan sepatu social distancing yang mulai diperkenalkan ke publik, Lup sudah mendapat banyak pesanan. Sepatu ini dibanderol dengan harga 92 poundsterling atau setara dengan Rp 1,6 juta.

Bagaimana menurut Anda, tertarik mencobanya?