Kepala Kemenag Kota Batu Drs Nawawi ( Foto : Istimewa )
Kepala Kemenag Kota Batu Drs Nawawi ( Foto : Istimewa )

Para calon jamaah haji (CJH) 2020 Kota Batu harus bersabar untuk berangkat ke tanah suci. Sebab, pihak Kerajaan Arab Saudi belum berencana membuka kunci dua pintu masjid: Makkah-Madinah. Namun, kepastian terbang bakal ditunda hingga 2021.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu, Drs Nawawi menyatakan bahwa para calon jamaah haji (CJH) yang terdaftar di list Kemenag Batu, untuk tahun 2020 mesti bersabar. 

Baca Juga : Ajukan Surat Keterangan Khusus, Masjid di Kota Batu Boleh Beraktivitas Normal

Penundaan berangkat hingga sampai 2021 harus dilakukan, sebab surat keputusan buka gerbang dari negara pimpinan wangsa Salman bin Abdulaziz Al-saud belum juga turun. 

Padahal, pada 26 Juni 2020, para calon haji asal Indonesia harus diberangkatkan ke negara dengan ibukota Riyadh itu.

"Untuk sementara CJH Batu yang berjumlah 179 harus bersabar. Sebab, keberangkatan ditunda sampai 2021," kata Nawawi.

Nawawi menjabarkan bahwa pengunduran waktu pelaksanaan rukun Islam kelima tersebut, juga berlaku untuk kuota haji di penjuru daerah-daerah lain. 

Hal itu juga mengambil pijakan hukum dari surat edaran Kementerian Agama RI, nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji 1441 H, atau pada 2020.

Itu artinya, surat edaran Menteri Agama RI, Fachrul Razi juga berlaku kepada setiap warga negara Indonesia yang hendak menunaikan ibadah haji 2020. Termasuk WNI yang mendapatkan undangan atau memperoleh visa khusus dari dua kota suci Makkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawarah.  

Sebelumnya, pihak Kemenag pusat punya tiga opsi di saat krisis haji 2020. Yaitu: pertama, haji dilakukan secara normal sesuai kuota dengan prosedur kesehatan.

Kemudian, opsi kedua, pelaksanaan ibadah haji dengan dibatasi kuota di saat imbauan pemerintah physical distancing saat Pandemi Covid-19. Lalu, ketiga, menjatuhkan putusan menunaikan ibadah haji pada 2020 dibatalkan.

Baca Juga : Layanan Dispendukcapil Tulungagung Kembali Buka, Hasil Tes Swab 3 Pegawai Negatif Covid-19

"Akhirnya, keberangkatan 179 calon jamaah haji di Kemenag Batu ditunda sampai pada 2021. Tentu, mengacu pada surat edaran Kemenag RI. Menimbang otoritas kerajaan Saudi belum juga memastikan akses pelaksanaan kegiatan haji. Serta peristiwa Covid-19 tentu ada hikmahnya," tegas Nawawi.

Beberapa hikmah tersebut, tafsir Nawawi, para jamaah haji lebih belajar menanamkan sifat tenang dan bersabar. Sebab, di tanah kelahiran Nabi Muhammad SAW tentu, para jamaah tidak hanya diuji ketahanan fisik namun juga kematangan psikologis dalam menapaktilasi ritme ibadah yang penuh nuansa bunga rampai sejarah. 

Kedua, mempersiapkan pola pikir yang bijak juga menjiwai rukun-rukun ibadah haji lebih mendalam.

"Juga pihak penyelenggara haji lebih matang. Agar pelaksanaan kegiatan program ibadah ke tanah yang punya sumber zamzam itu lebih sempurna. Semoga mendapati julukan haji mabrur hingga kembali ke tanah air, Indonesia," harapnya.