Rudi Hartono dan rekannya (duduk berdampingan) saat dilakukan interogasi
Rudi Hartono dan rekannya (duduk berdampingan) saat dilakukan interogasi

Berniat mengungkap kasus penipuan jual beli tokek Unit Opsnal Reskrim Polsek Sumberbaru Polres Jember malah mendapatkan temuan kasus baru di rumah targetnya. 

Rudi Hartono (43) warga Desa Pringgowirawan, Kecamatan Sumberbaru diringkus setelah polisi menemukan sejumlah barang bukti narkotika. 

Kapolsek Sumberbaru AKP Subagiyo mengatakan, pada Rabu (29/1/2020) polisi menggeledah rumah Rudi Hartono dalam perkara penipuan jual beli tokek. 

Dalam pemeriksaan tersebut, polisi menemukan fakta didapatinya alat hisap sabu, plastik kecil bungkus sabu yang masih ada sisa sabu, dan pipet kaca dengan sisa pakai sabu. 

Setelah menemukan sejumlah bukti dan melakukan interogasi di tempat kata Subagiyo, Rudi Hartono mengakui semua barang tersebut adalah milik yang telah dipakai bersama rekannya. 

"Dilakukan interogasi, Rudi Hartono mengaku bahwa alat-alat tersebut adalah miliknya yang digunakan untuk nyabu bersama Faq Abdurrahman di rumahnya pada Selasa malam," tutur Subagiyo. 

Dalam pemeriksaan lebih lanjut, Rudi Hartono menyebut barang haram sabu itu didapatkan dari Komari yang juga tinggal satu desa dengan dirinya sebesar 200 ribu. 

Sejumlah barang bukti berikut tersangka kini telah diamankan di Mapolsek Sumberbaru.

Kedapatan tanpa hak memiliki, menyimpan dan menguasai sabu, Rudi Hartono bakal menghadapi jeratan hukum sesuai dengan Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkokita.